RIMBA LARANG PULAU ADONARA MESTI ADA

Harapan hidup layak merupakan impian setiap orang. Layak pangan, layak sandang, layak papan, layak sehat serta layak pendidikan, semuanya merupakan hak hidup seseorang. Untuk itu tidak terlepas dari kontribusi manusia dan alam dalam pemulihannya. Salah satunya  adalah air karena air merupakan kebutuhan vital sumber kehidupan segala bentuk makluk hidup.

Sumber mata air di pulau Adonara pada era 1970-an sebetulnya masih melimpah ruah. Namun akhir-akhir ini krisis kekeringan di pulau itu sudah diambang batas. Lalu peran pasif masyarakat dan Pemda setempat seakan tak pernah peduli dengan masyalah itu.

Dampak pemanasan global (global worming) tidak cukup memberikan alasan yang berdampak pada kekeringan kandungan air tanah di pulau Adonara. Tapi lebih-lebih karena tak pernah ada rimba larang (hutan lindung) dibawah pengawasan pemda Flores Timur. Sehingga saatnya perlu ada penanaman kembali pohon-pohon disekitar area sumber mata air sebagai kawasan resapan air hujan.

Diharapkan Pemda serta masyarakat setempat dapat bekerja sama dengan pihak penguasa/pemilik lahan disekitar sumber mata, agar daerah-daerah itu dapat dijadikan sebagai hutan lindung tanpa merusak kultur daerahnya. Ini merupakan ajakan penulis semoga harapan hidup layak terutama bagi anak cucu kita dapat terwujud.

2 thoughts on “RIMBA LARANG PULAU ADONARA MESTI ADA

  1. Harus ada orang yang peduli dengan lingkungan. Hidup berdampingan dan menghargai alam adalah hal yang wajib di lakukan setiap orang agar kehidupan menjadi harmonis. Alam sekarang bukan warisan dari nenek moyang yang bisa dieksploitasi secara semena-mena. Alam sekarang adalah warisan kita untuk anak cucu. Perbuatan nyata harus dimulai dari diri sendiri, dalam kehidupan kita…. Keep Green…

  2. lo beli aja di trubus -ragunan ( murah banget) atau minta sama deptan ( bawa proposal ), bibit tanaman yang bisa hidup di kampong lo..trus tanam deh..jadi lo udah bisa berperan langsung, jangan ngebacot doang ! gw kenal elo, kelagone….alias si rambut anduk…wa kakakak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s