MENTAL NASIONALISME MENYONGSONG ADONARA KABUPATEN

Merujuk judul diatas, ini merupakan harga mati apbila Adonara ingin lepas dari Flores Timur. Faktor lain yang merupakan kriteria sebagai prasyarat terbentuknya sebuah kabupaten sudah sangat layak, karena pulau Adonara termasuk daerah yang subur seturut struktur tanahnya, apalagi didukung oleh para sarjana asal daerah itu telah menyebar hampir seantero wilayah Nusantara ini. Belum lagi ditambah dengan stok-stok intelektual yang kini masih mendekam diperkampungan pulau itu.

Menyoal fenomena Adonara kapupaten bukan merupakan hal baru, namun penah diperjuangkan oleh para putra daerah Adonara diera orde lama salah satunya adalah Bapak Burhan Kopong dari Witihama yang saat itu masih menyandang perwira kepolisian yang bertugas di Jakarta. Tapi akhirnya harapan itu tenggelam bersama meletusnya G 30 S PKI. Kembali ke mental SDM, perlu ada perubahan mental yang moderat secara signifikan. Karena Mental kita saat ini masih cenderung dipengaruhi oleh kultur daerah dimana kita bersasal dalam lingkup pulau Adonara. Kita tahu bahwa mental kita saat ini telah membentuk rasa solidaritas kedaerahan untuk mempertahankan harga diri masih terlalu berlebihan. Terutama pada timbulnya suatu konflik antar kampung oleh perorangan maupun berkelompok sangat berdampak pada keterlibatan global masyasakat sekitar untuk ikut menambah masalah , sehingga kita sangat membutuhkan figur yang entah dari kalangan masyarakat maupun pemerintah untuk selalu mendorong mental yang mumpuni menjadi mental nasionalisme dalam rangka menyongsong Adonara Kapupaten demi berlangsungnya hidup yang aman, nyaman, damai dan sejahtera bagi anak cucu kita.Album Bernard L.Tokan

……………………………………….. Moie ……………………………………………….

49 thoughts on “MENTAL NASIONALISME MENYONGSONG ADONARA KABUPATEN

  1. Saya kira inti dari semangat otonomi daerah adalah bagaimana menghadirkan pembangunan sehingga lebih dekat dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Soal Adonara mau jadi kabupaten tersendiri harus dikaji secara lebih dalam dan dari berbagai aspek dengan melibatkan semua kelompok kepentingan yang ada, agar niat baik tidak disalahgunakan untuk kepentingan kekuasaan semata

    1. saya rasa emang uda saatnya adonara membangun organisasi sendiri dalam arti menjadikan adonarasebagai sebuah kabupaten,,,karna dalam bentuk formal kelihatan adonara sudah cukup layak,,,tapi apakah individunya siap???banyak orang yang merasa sudah senana di daerah lain terus melupakan daerahnya sendiri,,,…..

  2. Segala sesuatunya perlu dipelajari dari sukses tidaknya ketika bersama-sama membangun sebuah organisasi. Disitu kita lihat bahwa masyarakat Adonara kurang dapat mempertahankan kelangsungan kehidupan sebuah organisasi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Katakan saja KOPERASI KOPRA, KUD, Keberadaan kegiatan pemuda desa dll, memang terkesan hangat diawal dingin akhir. Tapi marilah kita juga perlu mencotohi saudara-saudara kita di Tanah Jawa dengan kelompok taninya, atau NTB dengan BUM Desanya (Badan Usaha Milik Desa). Semakin banyak kita belajar kita belajar dari orang lain maka mungkin semakin besar kesadaran kita untuk berubah. Oke ThankS. Salam buat keluarga.

  3. Kabupaten Adonara, menurut saya adalah sungguh layak dan sepantasnya. terutama bagi pengembangan daerah ex kecamatan Adonara Barat; dengan, Waiwerang adalah ibu kotanya. Ini jika kita tinjau dari sudut pandang ekonomi dan pembangunan.

    Masalahnya, saya setuju dengan Sdr. Delis, watak orang adonara sendiri yang akan menggagalkan pembentukan kabupaten itu. Lihat saja kenyataan yang ada,
    Orang adonara itu pintar, tegas, ulet,…..
    tapi….
    mau menang sendiri, mudah marah, merasa dirinya paling hebat, koten(g) wato, ……

    terus siapa mau memimpin….

  4. Adonara menjadi Kabupaten Harga Mati…………

    Semangat ini, telah kami sebarkan saat KMAY, Keluarga Mahasiswa Adonara Yogyakarta, menerbitkan Buletin L@maholot, Edisi Quo Vadis Adonara……

    Terlepas dari tulisan saya di L@maholot, saya ingin mengatakan, bahwa selama orang Adonara membangun Adonara berpikir Adonara bukan sebagai Adonara, tidak pernah akan terwujud keinginan tersebut.

    Tinggalkan semua Ego, dan berpikir Adonara sebagai Adonara maka, cita-cita itu akan terwujud,

    Maaf saya copi blok ini, di Geogle….

  5. ADONARA MENJADI KABUPATEN?

    Meniliki tulisan tentang “Mental Nasionalisme Menyongsong Adonar Menjadi Kabupaten” sungguh sebuah pernyataan yang masih harus dipertanyakan? Apakah semua masyarakat Adonara sudah siap? Jangan sampai upaya menjadikan Adonara Kabupaten merupakan sebuah upaya dari segelintir elit yang mau merebut jabatan untuk kepentingannya sendiri.

    Hal itu bisa kita lihat sejak isu Adonara Menjadi Kabupaten dihembuskan ke seantero Nusantara. Putra-putra Adonara di luar pulau Adonara begitu gencar mempromosikan ke pemerintah pusat, kabupaten, dan provinsi agar Adonara segera diusaha menjadi sebuah kabupaten. Sementara itu, putra-putra Adonara di pulau Adonara bagian barat masih bingung dengan isu itu. Karena itu perlu sosialisasi kepada segenap elemen masyarakat, baik di perantauan maupun di lewo tana itu sendiri.

    Hal ini pernah saya ungkapkan kepada kelompok F, Park Jakarta dalam sebuah pertemuan dua tahun lalu di Jakarta. Sampai saat ini mungkin segenap elemen masyarakat Adonara sudah mengetahui berita yang menggembirakan tersebut.

    Akan tetapi apakah masyarakat Adonara menerima atau tidak belum jelas. Dalam beberapa tulisan yang saya baca di media massa ternyata sebagian besar masyarakat Adonara Barat menolak Adonara menjadi kabupaten.

    Alasan penolakan itu menurut hemat saya sangat sesuai dengan kondisi riil yang dialami oleh masyarakat Adonara Barat. Bayangkan kantor kecamatan saja pernah menjadi kantor si embek dan camat? Artinya kantor camat saja pernah menjadi kandang kambing. Apalagi kondisi pasar Waiwadan yang sangat memprihatinkan. Jalan becek dan berdebu di kala musim hujan dan kemarau. Dermaga yang menghubungan transportasi laut ke Larantuka pun terbuat dari semen dan kerangkanya terbuat dari bambu. Bagaimana dengan kondisi pembangunan tersebut?

    Contoh lain, PLN dari Waiwadan yang sebenarnya diperuntukkan bagi desa-desa di kecamatan Adonara Barat, ternyata diperuntukkan bagi desa-desa di kecamatan Koli. Ada apa dengan kebijakan pembangunan di Adonara Barat? Apakah karena SDMnya tidak ada di pemerintahan atau ada tetapi hanya mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan Adonara Barat? Apakah orang Adonara Barat tidak mampu membayar PLN sehingga digunakan oleh orang Koli? Sebuah ketidakadilan yang dialami masyarakat Adonara Barat. Saya sebagai putera Adonara Barat, menyarankan agar apabila perjuangan Adonara menjadi kabupaten ini harus betul-betul melibat semua elemen masyarakat bukan hanya segelintir kelompok yang berkuasa atau merasa diri lebih pintar. Karena kepintaran tanpa memperhatikan masyarakat sama saja itu membohongi diri sendiri. Maka yang perlu diperhatikan adalah KEADILAN. Kembalikan hak masyarakat Adonara Barat atas pembangunan sejak Orde Baru sampai saat ini. Silahkan berikan hak masyarakat Adonara Barat kepada mereka. Sekian….. (Penulis PKN yang diterbitkan oleh PT Gramedia Widya Sarana Informatika)

  6. perjuangan untuk sesuatu yang mulia pastinya akan banyak menghadapi tantangan yang tidak mudah, dari mulai tulisan ini ada ….dan sampai detik terakhir nanti kabupaten itu terbentuk..aku percaya dan yakin, kalo kita semua pasti punya tujuan sama, membangun kemakmuran buat seluruh komponen adonara….untuk saudaraku yang sudah punya jabatan , ilmu dan materi sumbangkan untuk kemajuan menuju kemakmuran adonara, jangan dustai lewo tana..

    1. keadilan bisa saja muncul kalau keegohan tidak dijunjung tinggi…karna banyak masyarakat yang ada di kecamatan adonara barat masih menjunjung tinggi keegohan dengan lahan mereka,,,jangankan PLN,,jalan raya aja masih belum layak,,,semua itu karna tidak mau memberikan lahan buat pembangunan.

  7. Sebagai buah rahim LewoTanah Adonara bangga dengan niat baik itu, namum perlu diingat sejauh manakah upaya untuk meyakinkan para INVESTOR untuk Inves di sektor Pertanian dan Kelautan serta Wisata yang sangat Portensial??? Sayang sekali kalau ADONARA jadi Kabupaten hanya mengurus para TENGKULAK.

    ………. Bisa dipirkan P A D ………….. dari sektor
    Pertanian dan Kelautan serta Wisata……………………………….

    Impian ADONARA jadi kabupaten pasti terwujut sekaligus kesejathraan masyarakatnya.

    salam dari Kota Minyak – Balikpapan

  8. napsu harus sesuai tenaga…. demikianpun cita-cita kita akan kabupaten Adonara, harus dibarengi dengan penguatan sumbar daya, analaisa keunggulan daerah, dan terutama sara peningkatan sumber daya manusia (Pendidikan – Universitas)

    biarkan saja mereka yang berebut kekuasaan berdebat tentang sesuatu yang muluk, kita rakyat kecil hanya ingin menjadi berdaya, bukan diperdaya

    salah hormat goe
    lewotana molo go dore

  9. saya sebagai salah satu mahasiswa adonara sangat termotivasi dengan pembentukan adonara kabupaten, segala beberapa kendala yang dihadapi yakni, masalah finansial dan masalah masih ada beberapa desa di adonara tengah dan barat yang masih tidak mendukung, kiranya bagaimana tanggapannya???? maksih sebelumnya

  10. buat apa adonara jadi kabupaten? bukannya saat ini kita lebih membutuhkan veri penyeberangan 24 jam adonara-larantuka 24 jam? analisa sosial dulu baru wacanakan adonara kabupaten. trims

  11. setuju bahwa smangat itu sangat penting.
    ketika kita berada di luar Adonara,rasanya kerinduan untuk membangun entitas primodial sebagai kaka noon ari itu begitu tinggi.bahkan dari kampung manapun rasanya sangat dekat semacam ada pertalian dara sebagai putra putri kelake Ado pehan dan Kewae sode boleng.
    Namun ketika kita sudah menyaksikan dari dekat, semangat itu seakan sirna meluap entah kemana.
    semua orang mengedepankan egonya,lalu masyarakat seakan terfragmentasi ke dalam klompok2,seperti adanya konsep demo dan paji. bahkan menurut pengamatan saya, hampir semua orang dalam sukupun selalu ada percecokan bahkan sampai harus adanya demarkasi yang kita sebut kenethu..
    pertanyaannya kalau keadan seperti ini, bagaimana kita bicara tentang semangat perjuangan yang sama menuju adonara jadi kabupaten???????

    1. Ma kasih Ama,
      Karakter Orang Adonara itu unik. Namun keunikan itu lambat laun akan bermuara pada modernisme. Proses modernisasi akan membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan yang dimaksud adalah masyalah harga diri. Seandainya anda, saya, dia, mereka (kita semua) akan Tau Diri, Tau Bawa Diri dan Tau Jaga Diri maka segala kekhawatiran tentang mentalitas & karakter masyarakat Adonara dapat teratasi.

    1. Betul sekali. Walau komentarnya singkat namun saya yakin anda juga sudah menyebarkan isu kebaikan terutama keluwesan sikap dan tindakan dalam memandang berbagai persoalan.

  12. Generasiku kebanggaanku……………..
    Keep your face towards the sunshine and the shadows will fall behind you…
    mari melangkah bersama……………

    1. Terima atas kunjungannya semoga semuanya selalu bermuara untuk sampai pada tujuan yang sama walau masing-masing orang selalu berbeda pandangan.

  13. sebagai anak adonara,saya sangat prihatin dengan keadaan saat ini yang terjadi di adonara.untuk itu saya sangat mendukung pihak pemerintah dengan pembentukan adonara kabupaten..hal itu di dukung dengan SDM SDA di adonara sudah sangat mendukung……

    semoga impian dapat tercapai….
    adonara i”m yuor son….

    by.RENNO MAWAR,MAKASSAR

  14. sebagai anak adonara,saya sangat prihatin dengan keadaan saat ini yang terjadi di adonara.untuk itu saya sangat mendukung pihak pemerintah dengan pembentukan adonara kabupaten..hal itu di dukung dengan SDM SDA di adonara sudah sangat mendukung……

    semoga impian dapat tercapai….
    adonara i”m yoUr son….

    by.RENNO MAWAR,MAKASSAR

    1. Mari bahu membahu membangun mental yang sehat. Artinya segala sesuatu harus dilihat dari berbagai segi, baik kelebihan maupun kelemahan.

    1. Pro kontra dalam upaya pemisahan Adonara itu pasti. Namun bagaimana kita semua menyiapkan diri untuk menyongsong kehadirannya itulah yang terpenting. Thx sukses for yuo.

  15. GENDERANG PERANG SUDAH DI TABUH…APAPUN RESIKONYA KITA HARUS MAJU….SISINGKAN LENGAN BAJUMU WAHAI GENERASIKU….PRO KONTARA WAJAR..ITULAH DEMOKRASI…

  16. Untuk apa kita perdebatkan lagi sudah saatnya adonara jelas jadi kabupaten. Oleh karena itu kami sebagai generasi muda adonara sangat mengharapkan pengertian baik dari semua pihak demi terwujud adonara kabupaten..Selamat berjuang generasi. From komunitas anak Adonara di Malang..

  17. Adonara jadi kabupaten ?
    wah, ini bukan kejutan ! ini adalah sebuah jawaban dari doa dan mimpi semua lewo tana ana kereen. Mari bangun Adonara. Jangan lagi iri hati ! Iri dan dengki bukan sifat orang asli Adonara. Tak ada timur atao barat, utara atau selatan. Juga tak demon atau paji. Yang ada adalah adonara seutuhnya. Tite taan oneket tou, taan mata ehan. Adonara pasti kian maju dan jaya. Kami anak-anak Nusa tadon di rantau selalu berdoa semoga Adonara jaya.

    Tuhan, Bapa Tana Ekan
    terima kasih jika mimpi ini jadi kenyataan
    Tuhan, Ema Lera Wulan
    terima kasih jika rindu ini dapat terobati

    Amin ….

  18. Inak _ amak, kakak _ arik,, mio suku ekan. . . Pai hode limat, ta’an tou gute genapin. . . . Ta’an soga lewo tanah naran,, tanah naran NUSA TADON ADONARA. . . Pai ta’an tou ikit kot’an neir tobo teti kabupaten lolon. . . Ta’aro naran jdi KABUPATEN ADONARA. . . Slm generasi muda anak adonara d bali. . . SALAM ADONARA.

  19. harian kompas 9-9-210 hal.5 menjelaskan pemerintah pusat (jakarta), telah meneyelesaikan desain besar penataan daerah thn 2010 – 2025. Selama 15 tahun ke depan penambahan daerah otonom baru di estimasikan paling banyak 11 prov dan 54kab/kota untuk seluruh indonesia dengan perincian: 1. untuk 11 prov: provinsi NAD, SUMUT, KALBAR, KALTIM, SULTENG, SULTRA, PAPUA BARAT masing-masing 1 prov, sedangkan prov papua 4 prov. 2 Untuk 54 kab/kota: dijatahkan masing-masing wilayah sulawesi 11, sumatra 10, kalimantan 10, jawa 7, bali, ntb, ntt 3, maluku 4, papua 9 kab/kota. RENCANA 5 TAHUN KEDEPAN (2010 -2015) PEMEKARAN KAB/KOTA: sumatra 5, jawa 4, bali, ntt,ntb 1, kalimantan 3, sulawesi 7, maluku 2, papua 3. Dengan demikian untuk PEMEKARAN KABUPATEN ADONARA sampai 2015 ini JANGAN MIMPI dulu, karena prioritas di daerah perbatasan, tentu kabupaten malaka di belu. Nanti 2015 -2020 akan lihat peluang, namun pesimis, karena BALI dan NTB tentu minta jatah. Tapi tetap optimis itu penting!

  20. Saya lebih melihat dari pandangan keseharin…
    banyak hal yang perlu untuk diperhatikan,,,
    mungkin ni ilustrasi sederhana…
    penting dan tidaknya tergantung yg memahami,,,

    1. kenapa petani terus diperas dgn bertebarannya tengkulak?
    2. kenapa keluhan fasilitas jalan tidak pernah terpenuhi?
    3. kenapa pemerintah hadir saat keperluan yg penting?
    4. kenapa perselisihan terus terjadi?
    5. apakah masyarakat nyaman?sejahterah?

  21. Sekarang itu sudah diproses ke Depdagri, tinggal dibahas di DPRI, biarkan saja bergulir, kalo dianggap layak ya kita terima saja. kalo tidak juga tidak apa-apa. Sebenarnya esensi otonomi, pemekaran itu ujung-unjungnya kan kesejahteran masyarakat dengan mempercepat pelayanan publik dllnya. yang penting sekarang adalah mari satukan hati, satukan pikiran , tujuan bagaimana mendorong percepatan pembangunan ekonomi masyarakat di sana, Tidak usah diperdebatkan untung ruginya toh sudah diusulkan…..buang-buang energi aja……?jangan ada kesejangan pembangunan lagi antara adotim dan adonara barat. Sebentar lagi ada inpres percepatan pembangunan untuk NTT…. ayo kita kawal agar bermanfaat, ….abrigado

  22. Adonara kabupaten adalah alat untuk mempercepat pembangunan masyarakat dalam segalah aspek kehidupan. Pemda (Prov NTT dan Kab) harus bekerja keras dalam menggali PAD. Menurut saya program unggulan adl pariwisata selain program2 lainnya tentu. Peran tokoh-tokoh agama dan peran masyarakat Adat harus dilibatkan dalam membangun pariwisata. Selamat, sukses dan mulia taan gelekat Lewotana. Eduard Bayo Sili Uaktukan di Mataram kota seribu mesjid.

  23. lewo tana Adonara pana molo kame dore.
    Adonara jadi kabupaten wahangkae baliket, taan one tou kirin ehan gelekat lewuket tanhaket. Negaku ti tai glekat ata lewuka…

  24. Saya baru membaca situs ini dan berpikir wajib serta hemat tanpa harus memusingkan kepala sebagai anak adonara saya mendukung sepenuhnya pembentukkan menjadi kabupaten. “Anak/orang adonara yang tidak menginginkan terbentuknya adonara menjadi sebuah kabupaten adalah sebuah pengingkaran batin dan suara hati”.
    Jangan takut menatap masa depan segala keterbelakangan kalau tidak dilihat, diperbaiki dan dikembangkan berarti akan terus ketinggalan dan sekarang kesempatan itu datang untuk menjadikan adonara yang lebih baik. Berpikir dan melihat kedepan seperti kata para Ilmuan “Berpikir Global, bertindak Lokal”.

  25. Kita ingin mendirikan satu kabupaten “semua buat semua”, bukan satu kabupaten untuk satu orang, bukan satu kabupaten untuk satu golongan, walaupun golongan kaya. Tetapi kita mendirikan kabupaten “semua buat semua”
    Maka teruslah berjuang agar adonara bisa menjadi kabupaten di mana semua masyarakat hidup dalam damai dan persaudaraan,

  26. dari aspek ekonomi, sebenarnya tanpa menjadi kabupatenpun masyarakat adonara sudah bisa mandiri, namun dari sisi sosial kultural masyarakat sangat membutuhkan pembentukan Kabupaten Adonara. Konflik komunal yang sering terjadi di tanah adonara sebenarnya bukan menjadi alasan agar adonara tidak bisa menjadi kabupaten, justru sebaliknya dengan menjadi kabupaten otonom, adonara bisa lebih mampu menyelesaikan konflik komunal tersebut.dari sisi kesiapan aparatur kemanan untuk, ketikan sdh menjadi kabupaten maka adonara sdh memiliki POLRES dan KODIM yang sudah pasti memiliki personil yang mumpuni untuk mencegah konflik, mereka memiliki kemampuan itelijen yang dapat mendeteksi secara dini potensi konflik sehingga lebih untuk dicegah. disamping itu, Budaya Adonara bebeda dengan rumpun warga lamaholot yang lain, sehingga penanganannya masalah sosialpun pasti akan berbeda dengan rumpunlamaholot hyang lainnya. dengan terbentuknya Kabupaten Adonara maka dapat dibuat PERDA yang mengakomodir semua kearifan lokal masyarakat Adonara dalam rangka menyelesaikan konflik komunal secara konprehensip.
    saya kira kita semua AnakAdonara sepakat tentang semuanya ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s